HIKMAH SAKIT BAGI SEORANG MUKMIN

Rasulullah  pernah mengatakan,“Aku mengagumi seorang mukmin karena selalu ada kebaikan dalam setiap urusannya. Jika ia mendapatkan kesenangan, ia bersyukur (kepada Allah) sehingga di dalamnya ada kebaikan. Jika ditimpa musibah, ia berserah diri (dan menjalankannya dengan sabar) bahwa di dalamnya ada kebaikan pula.” (HR Muslim)

Nah …Itulah gambaran seorang mukmin. Setiap aktivitas dalam hidupnya  selalu mendatangkan kebaikan. Dalam hadits itu rasulullah menjelaskan dua keadaan yang ada dalam diri manusia yaitu kesenangan dan kesedihan. Dua keadaan itu dapat membedakan mana yang termasuk orang mukmin dan orang yang tidak beriman . Mukmin selalu besyukur ketika mendapatkan kesenangan dan selalu bersabar ketika mendapatkan musibah.

Syukur ketika mendapatkan kebaikan/kesenangan adalah sesuatu mudah untuk dilakukan  tetapi sabar ketika mendapatkan musibah adalah sesuatu sangat sulit untuk dilakukan. Hal itulah yang akan membedakan tingkat keimanan seseorang. Semakin besar  ujian yang diterima dan dia dapat bersabar maka semakin tinggi  pela derajat seseorang.

Salah satu ujian kesabaran bagi seorang muslim adalah sakit. Sakit bagi seorang memiki banyak hikmah, diantaranya:
1. Sakit adalah penggugur dosa-dosa hamba-Nya. Penyakit yang diderita seorang hamba menjadi sebab diampuninya dosa yang telah dilakukan termasuk dosa-dosa setiap anggota tubuh. Rasulullah Saw bersabda, “Setiap getaran pembuluh darah dan mata adalah karena dosa. Sedangkan yang dihilangkan Allah dari perbuatan itu lebih banyak lagi.”
(HR. Tabrani).

2. Orang sakit yang mau bersabar akan mendapatkan pahala dan ditulis untuknya bermacam-macam kebaikan dan ditinggikan derajatnya. Rasulullah Muhammad Saw bersabda, “Tiadalah tertusuk duri atau benda yang lebih kecil dari itu pada seorang Muslim, kecuali akan ditetapkan untuknya satu derajat dan dihapuskan untuknya satu kesalahan.” (HR. Muslim dari Aisyah ra).
3. Sebagai timbal baliknya, ia akan selamat dari siksa neraka. “Aisyah Ummul Mukminin menerangkan sabda Rasulullah Saw bahwasannya sakit karena demam itu akan menghindarkan orang Mukmin dari siksa api neraka.” (HR. Al-Bazzar)

4. Selalu ingat pada Allah. Dalam kondisi sakit akan membuat orang merasa benar-benar lemah, tidak berdaya sehingga ia akan bersungguh-sungguh memohon perlindungan kepada Allah Swt., Dzat yang mungkin telah ia lalaikan selama ini. Kepasrahan ini pula yang menuntunnya untuk bertobat.

5.
Selalu mengingat nikmat Allah. Sakit membuat orang tahu manfaat sehat. Tidak jarang orang merasakan nikmat justru ketika sakit. Begitu banyak nikmat Allah yang selama ini lalai untuk ia syukuri. Bagi orang yang banyak bersyukur dalam sakit, ia akan memperoleh nikmat.

6.
Pembersihan hati dari penyakit. Pendapat Ibnu Qayyim, “Kalau manusia itu tidak pernah mendapat cobaan dengan sakit dan pedih, maka ia akan menjadi manusia ujub dan takabur. Hatinya menjadi kasar dan jiwanya beku. Karenanya, musibah dalam bentuk apapun adalah rahmat Allah yang disiramkan kepadanya. Akan membersihkan karatan jiwanya dan menyucikan ibadahnya. Itulah obat dan penawar kehidupan yang diberikan Allah untuk setiap orang beriman. Ketika ia menjadi bersih dan suci karena penyakitnya, maka martabatnya diangkat dan jiwanya dimuliakan. Pahalanya pun berlimpah-limpah apabila penyakit yang menimpa dirinya diterimanya dengan sabar dan ridha.”

Semoga kita dapat mengambil pelajaran dari hadits di atas dan bisa menjadi seorang muslim yang baik.

www.At-Tibyan,com

admin posted at 2010-2-27 Category: Mimbar Ilmu

18 Responses Leave a comment

  1. #1Faradila @ 2010-2-27 13:57

    Subhanallah bagus skali artikelnya,syukron
    Smkin mmbwt ana tau bhwa trnyta sakit jg bs mmbwa knikmatan y…
    Krn trkdg org lalai mengingat Allah di kala sehat,ttpi bgtu sakit hnya Allah lah yg diingat
    Smga qt trmasuk orng2 yg sll bersyukur dan bersabar (^_^)

  2. #2Zulhendra @ 2010-2-27 19:58

    Subhanallah.
    Maha benar Allah dan sungguh rasul-Nya senantiasa berkata benar.
    Setiap perkara seorang mukmin sungguh mengagumkan.
    Segala perkaranya adalah baik.
    Dan kesusahan, kesempitan pun adalah kebaikan yang banyak bagi kita.
    Insya Allah jika kita bersabar, bertawakkal, hanya mengharap ridha-Nya

  3. #3Fitrial @ 2010-2-27 20:41

    jazakallahu khairan ….
    saya bersyukur kepada Allah karena telah memberi nikmat islam,yg membuat saya menjadi orang yang tidak kekal di dalam neraka…Insya Allah

  4. #4Andina Arfian @ 2010-2-27 22:37

    Subhaanallaah…Allah Maha Pemurah lagi Maha Penyayang…

    Kalau ana bacakan artikel ini ke masnya (abang kandung) ana yg lagi sakit, tentu ia akan merasa semakin kuat dan lebih bersabar lagi. Alhamdulillah, walau beliau telah mengalami sakitnya selama 5 tahun ttpi beliau tetap sabar dan tawakal, semoga Allah melindunginya. Wah, jadi curhat nih :-). Mohon doanya utk masnya ana ya.

    Jazakumullahu khoyron…

  5. heru @ 2010-2-28 14:53

    semoga kakak antum diberikan kesembuhan dan semakin dekat dengan Allah.

  6. heru @ 2010-2-28 14:54

    Semoga Allah selalu membembing kita semua

  7. #5abu raihan @ 2010-2-28 21:56

    sukron,jazakumullah khairon

  8. #6abu faiz @ 2010-3-1 09:29

    jazaakumulloh khoir

  9. #7Agus Triyanto @ 2010-3-1 09:54

    Subehanallah, sungguh perkara kaum muslimin itu semuanya baik jika ia mau benar-benar berfikir, bahwasanya kita hidup di dunia ini apa yang kita cari selain rahmat dan kasih sayang Allah subehanahu wata’ala.Semoga kita termasuk orang-orang yang sabar dan semoga bagi saudara-saudar ku kaum muslim yang tengah mengalami sakit di berikan kesabaran dan ketabahan. Semoga lekas sembuh wahai saudara-saudara ku se iman

  10. #8Alfiy @ 2010-3-1 10:48

    jazakallah, boleh izin copy ga?

  11. #9Adhe Muhammad @ 2010-3-1 16:22

    MasyaAllah semoga Bermanfaat bagi saudara2 yang lain,. inilah kemuliaan sakit, didalam kesulitan pasti ada Pahala, tergantung Orang yang menyikapinya,. semoga kita semua dikumpulkan ke dalam kelompok-kelompok orang-orang yang sabar dan pandai bersyukur,.. Amiin

  12. #10Ummu Abdillah @ 2010-3-2 12:51

    Jazakumulloh khoyron.
    An Naba sudah memberikan nasehat dalam setiap artikel. Artikel tentang sakit dan kesabaran kali ini mengingatkan saya agar bersabar ketika mendapat musibah. Lebih utama lagi jika kita dapat bersyukur ketika mendapat musibah tersebut.
    Semoga an Naba.com dapat terus membuat artikel yang bermanfaat

  13. #11vivi @ 2010-3-15 08:13

    Semoga saudara2ku yg sedang diuji dengan sakitnya tetap sabar dan mendapat hikmah dari musibah atau ujian yg menimpanya, amiiin.

  14. #12Rofi Al-Munawwar @ 2010-10-28 21:44

    Subhanallah!!!
    Allahuakbar

  15. #13desmanora @ 2012-1-15 13:39

    subhanallah..

  16. #14Dedi Wijaya @ 2012-7-27 22:46

    Artikel yang sangat bagus, semoga bisa menjadi obat bagi orang yg sedang sakit.

  17. #15Andha Lucia @ 2012-8-12 09:05

    subhanalloh…
    Alhmdlh, mch dksh skiit.

  18. #16Sgt @ 2012-9-22 14:39

    Ya Alloh berilanlah selalu k sabaran dan kekuatan dlm menghadapi ujian dan cobaan Mu.

Leave a Reply

(Ctrl + Enter)