Iman Seorang Muslim

Iman merupakan kesempurnaan seorang hamba dan jalan menuju kemenangan dan kebahagiannya. Sudah dimaklumi banyak terdapat nash-nash al-Qur`an dan as-Sunnah yang menjelaskan bertambahnya iman dan pengurangannya. Menjelaskan pemilik iman yang bertingkat-tingkat sebagiannya lebih sempurna imannya dari yang lainnya. Ada di antara mereka yang disebut assaabiq bil khoiraat (terdepan dalam kebaikan), al-Muqtashid (pertengahan) dan zholim linafsihi (menzholimi diri sendiri). Ada juga al-Muhsin, al-Mukmin dan al-Muslim. Semua ini menunjukkan mereka tidak berada dalam satu martabat. Ini menandakan bahwa iman itu bisa bertambah dan berkurang.

Bukti dari Al Qur’an dan As Sunnah Bahwa Iman Bisa Bertambah dan Berkurang

Pertama: Firman Allah Ta’ala ,

الَّذِينَ قَالَ لَهُمُ النَّاسُ إِنَّ النَّاسَ قَدْ جَمَعُوا لَكُمْ فَاخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ إِيمَانًا وَقَالُوا حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ

“(Yaitu) orang-orang (yang mentaati Allah dan Rasul) yang kepada mereka ada orang-orang yang mengatakan: “Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka”, Maka Perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab: “Cukuplah Allah menjadi penolong Kami dan Allah adalah Sebaik-baik Pelindung“.” (QS Ali Imron: 173).

Kedua: Firman Allah Ta’ala,

وَيَزِيدُ اللَّهُ الَّذِينَ اهْتَدَوْا هُدًى وَالْبَاقِيَاتُ الصَّالِحَاتُ خَيْرٌ عِنْدَ رَبِّكَ ثَوَابًا وَخَيْرٌ مَرَدًّا

Dan Allah akan menambah petunjuk kepada mereka yang telah mendapat petunjuk. dan amal-amal saleh yang kekal itu lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu dan lebih baik kesudahannya.” (QS Maryam: 76).

Syeikh Abdurrahman as-Sa’di menjelaskan tafsir ayat ini dengan menyatakan, “Terdapat dalil yang menunjukkan pertambahan iman dan pengurangannya, sebagaimana pendapat para as-Salaf ash-Shaalih. Hal ini dikuatkan juga dengan firman Allah Ta’ala,

وَيَزْدَادَ الَّذِينَ آَمَنُوا إِيمَانًا

Dan supaya orang yang beriman bertambah imannya.” (QS al-Mudatstsir: 31) dan firman Allah Ta’ala,

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah, gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayatNya bertambahlah iman mereka (karenanya).” (QS al-Anfaal:8/2)

Ketiga: Sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,

الْإِيمَانُ بِضْعٌ وَسَبْعُونَ أَوْ بِضْعٌ وَسِتُّونَ شُعْبَةً فَأَفْضَلُهَا قَوْلُ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَدْنَاهَا إِمَاطَةُ الْأَذَى عَنْ الطَّرِيقِ وَالْحَيَاءُ شُعْبَةٌ مِنْ الْإِيمَانِ

Iman itu lebih dari tujuh puluh atau lebih dari enampuluh. Yang paling utama adalah perkataan: “Laa Ilaaha Illa Allah” dan yang terendah adalah membersihkan gangguan dari jalanan dan rasa malu adalah satu cabang dari iman.”

Hadits yang mulia ini menjelaskan bahwa iman memiliki cabang-cabang, ada yang tertinggi dan ada yang terendah . Cabang-cabang iman ini bertingkat-tingkat dan tidak berada dalam satu derajat dalam keutamaannya, bahkan sebagiannya lebih utama dari lainnya. Oleh karena itu Imam At-Tirmidzi memuat bab dalam sunannya: “Bab Kesempurnaan, bertambah dan berkurangnya iman”.

Al-Allamah Ibnu Sa’di rahimahullah mengatakan : “Seorang hamba mu’min yang mendapat taufik selalu berusaha untuk berusaha merealisasikan iman dan cabang-cabangnya, menerapkan ilmu dan amal secara bersamaan, serta berusaha menjauhkan perkara yang dapat menghilangkan, membatalkan atau mengurangi keimanan.

Abdurrazzaq bin Abdul Muhsin Al-Abbad Al Badr dalam bukunya dengan judul Asbaabu Ziyaadatil Imaan wa Nuqshaanihi, yang membahas sebab dan bertambahnya keimanan seseorang, menerangkan bahwa diantara sebab bertambahnya keimanan seseorang yaitu dengan mempelajari ilmu yang berguna yang bersumber dari kitabbullah dan sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, menghayati ayat-ayat kauniyah, sedangkan diantara sebab berkurangnya keimanan seseorang adalah kejahilan, kelalaian, perbuatan maksiat dan dosa.

Satu hal yang semestinya diketahui oleh seorang muslim bahwasanya ada banyak sebab-sebab yang dapat dilakukan untuk menambah keimanan, menguatkan dan menyuburkannya, sehingga bisa meraih derajat ketakwaan, namun juga ada penyebab berkurang atau surutnya keimanan yang harus dihindari. Dalam buku kecil Pasang Surut Keimanan yang ditulis oleh beliau Abdurrazzaq bin Abdul Muhsin Al-Abbad Al Badr, kita akan mengetahui lebih jauh tentang sebab naik dan turunnya keimanan.

Oleh karena itu, marilah kita menjaga keimanan kita dan senantiasa meningkatkannya, apalagi di zaman sekarang ini, di mana kemaksiatan semakin merajalela di tengah kita, yang apabila tidak waspada, bisa terperosok ke dalamnya. Wallahu a’lam bish-shawab.

Admin posted at 2010-3-1 Category: Mimbar Ilmu

20 Responses Leave a comment

  1. #1Guest @ 2010-3-1 10:27

    artikel2 dari blog inin makin keren aja, ane ijin kopi ya?

  2. #2Abu Salman @ 2010-3-1 11:56

    jazakallah khair ya syaikhh,,
    artikel yang sangat amat bermanfaat, insyaAllah :)

  3. #3wiwik susanto @ 2010-3-1 12:34

    jazakallah artikelnya sangat bagus..ohya kapan sms mutiara hikmah mulai berjalan..

  4. #4juhamdani @ 2010-3-1 15:37

    alhamdulillah..
    dapat updatean terus di email..
    Syukron wa jazakumullohu khoir buat kru annaba.com

  5. #5Edho @ 2010-3-1 16:40

    Syukron yaa Akhi. . . .
    :-)
    jazakumullahu khairon.

  6. #6Shandy Ibnu Ustman @ 2010-3-1 19:19

    good article,memang iman harus disorot karena masalah iman sangat labil apalagi dizaman yang banyak fitnah ini,jadi kita butuh suntikan untuk memperkuat iman kita

  7. #7joko @ 2010-3-1 23:43

    akhi, ana minta ijin mengkopi paste artikelnya

  8. #8Husen @ 2010-3-2 09:04

    jazakallaahu khair atas nasihat yg berharga ini, semoga kita tetap istiqomah di atas as-sunnah

  9. #9nurulhadi @ 2010-3-2 09:57

    alhamdulillah sudah mengingatkan
    jzkk

  10. #10Dian @ 2010-3-2 11:19

    Assalamu’alaikum wr.wb.

    Terima kasih atas kiriman-kiriman penyejuk imannya dan mohon maaf belum sempat membuat comment untuk kiriman-kiriman terdahulu.

    Kiriman ini bagus dalam rangka meningkatkan keimanan kita, tapi alangkah baiknya diberikan contoh-contoh dari setiap tingkat keimanan tersebut.

    Wa’alaikummussalam wr.wb.

  11. heru @ 2010-3-2 11:30

    tafdhol akhi

  12. heru @ 2010-3-2 11:33

    tafadhol akhi Joko

  13. heru @ 2010-3-2 11:39

    Saudara wiwik,sms sudah mengudara pada tanggal 1 maret 2010. Jika Anda belum dapat berarti data yang Anda masukkan salah. Silakan hasil perbaikan di kirim ke email info@an-naba.com

  14. #11Ummu Abdillah @ 2010-3-2 13:18

    Jazakumulloh khoyron atas artikelnya

  15. admin @ 2010-3-2 14:23

    wa’iyyaki..

  16. #12alkautsar-herbal.blogspot.com @ 2010-3-4 09:46

    Alhamdulillah, ini adalah layanan artkel dari an-naba.com yang pertama ana peroleh.

    Jazakalloh.

  17. #13Adhe Muhammad @ 2010-3-6 10:04

    Alhamdulillah,..
    Iman itu pasang surut, apabaila dia sedang naik maka gemar dalam beribadah,. apabila dia sedang Turun, maka malas beribadah..
    Kuncinya adalah Dzikir Maut, karena Hanya dengan mengingat Mati Hati kita yang keras akan menjadi lembut. Iman akan naik InsyaAllah.

    Ketika tubuh di usung ke dalam keranda, lalu diantar ketempat peristirahatan kita yang terakhir, lalu semua mengantarkan kita,. lalu kita di taruh di liang lahat dan di kubur bersama tumpukan-tumpukan tanah liat,. kita sendiri disana, bukan sehari, 2 hari, atau 3 hari,. atau seminngu, atau setahun,.. tetapi bertahun-tahun kita disitu sendiri. dalam kegelapan, dalam kesempitan, dan dalam kesepian.. Sanak Family kita dan kerabat dekat kita semua meninggalkan kita disana, orang-orang yang kita cintai dan sahabat pun demikian,.. semua meninggalkan kita sendirian disana, tak ada satu orang pun yg datang kecuali Dua Malaikat yg bertanya.. ( Munkar dan Naqir) .. sungguh beruntung orang yang beramal saleh karena akan mendapat kebahagian yang abadi,. tetapi celaka orang-orang yang lalai, penuh Dosa meraka mendapat Adzab dan siksaan..

    yang menemani kita saat itu hanya amal perbuatan saja,. yang lain pergi meninggalkan kita.. tak bisa curhat, tak bisa kemana-mana hanya di situ saja,,Kita hanya menanti dan menanti, dan terus dalam penantian.. yang di Nanti adalah sidang Akbar, yang harap-harap cemas dan penuh dengan berbagai macam pertanyaan-pertanyaan ? ? ? ?….

    Dengan mengingat ini InsyaAllah Hati kita akan menjadi cair, dan tergerak hati kita untuk giat beribadah. Baik yang Fardhu maupun Sunnah.
    >LALU UNTUK APA KITA BERIBADAH ????
    “Agar ALLAH SWT tidak MELUPAKAN kita saat didalam kubur nanti, supaya Allah kenal kita SAAT KITA DI YAUMIL QIYAMAH NANTI.”

    Hamba penuh Dosa Ini memohon kepadaMU Yaa Allah, Wahai Yang Maha Lembut, Wahai Yang Maha Berkasih Sayang.. Yaa Dzal jalali wal Ikram,. Ya Mujibu Ya Mujibu Ya Mujibu….ampunilah dosa-dosa kami, sempurnakanlah Iman kami. dan Wafatkan Kami semua yang membaca Artikel Mulia ini di dalam keadaan Khusnul Khatimah.. Pastikan Kami semua Yang membaca Artikel Mulia Ini di dalam PetunjukMU, didalam RahmatMU, di dalam Kasih sayangMu, dan ampunanMU.. kami Hanya pendosa yang berharap Rahmat dari MU,. kaulah TUHAN KAMI. Maka terimalah Munajat aku ini Yaa Allah. Demi kemulian Nabi kami Muhammad SAW. Pastikan semua yang membaca Artikel Mulia ini mendapatkan Syafa’at dari kekasihMU Muhammad SAW..
    Yaa Allah pastikan wajahku dan wajah-wajah kalian yang membaca Atikel ini Hadir dalam Rombongan hamba-hambaMU yang beruntung dan dalam keadaan selamat, aman dan bahagia di dunia dan Akhirah..

    singkirkan kesulitan kami, hapuskan dosa-dosa kami, cukupi Wahai Tuhan Yang Maha Belas Kasih dari Musibah-Musibah di Negeri Kami. sembuhkan Hati kami dari penyakit Hati. Hinga kami semua mengenalMU lebih dekat lagi, lebih asyik, lebih Nikmat. dan MencintaiMU dan Rasul SAW.
    Pastikan Munajat ini KAU kabulkan Yaa Allah. Hingga kami semua senang Sungguh Engkau Maha Melihat lagi Maha Mendengar tidak ada satu amal perbuatanpun di dunia ini melainkan Engkau telah mengetahuinya, dan terimalah Taubat Kami sungguh Engkau Maha Pengampun dan Penyayang, ,. InsyaAllah Amiin Amiin Amiin Yaa Rabbal alamin..

    Wallahu a’lamu

  18. #14vivi @ 2010-3-15 08:09

    Syukron, semoga ana tetap Istiqomah.

  19. #15putri @ 2010-7-14 14:58

    bagus banget,,,
    ^_^
    syukron,,,

  20. #16wajih @ 2013-7-24 09:42

    izin share yah akhi :)