RENUNGAN RAMADHAN(2)

Barangsiapa mengerjakan puasa Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah niscaya akan diampuni dosanya yang telah lalu ” (HR. Muttafaqun ‘Alaihi)

Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan keberkahan dan Allah SWT mengistimewakan bulan Ramadhan dengan berbagai macam keistimewaan. Apa sajakah keistimewaan dan keutamaan bulan Ramadhan?

Bulan Ramadhan merupakan bulan Al-Quran karena Allah SWT menurunkan Al-Quran pada malam lailatul qadar. Pada bulan ini Allah SWT menutup pintu neraka dan membuka lebar pintu surga sebagai isyarat maha luasnya rahmat Allah SWT sebagaimana sabda Rasulullah SAW “Dan (pada bulan ini) akan di tutup pintu-pintu Naar dan tidak ada satupun yang terbuka. Dan di buka pintu-pintu Jannah, tidak ada satupun yang ditutup.”(HR. At-Tirmidzi)

Salah satu keberkahan bulan ini adalah dibelenggunya setan-setan sehingga mereka tidak bisa leluasa mengganggu dan memperdayai bani adam. Rasulullah SAW bersabda “Di malam pertama bulan Ramadhan dibelenggulah setan-setan dan jin-jin yang durhaka.” (HR. At-Tirmidzi)

Allah dan Rasul-Nya memberikan targhib (spirit) dan mewajibkan untuk melakukan puasa Ramadhan dengan menjelaskan keutamaan serta tingginya kedudukan puasa. Puasa Ramadhan merupakan salah satu dari kewajiban puasa yang ditetapkan syariat yang ditujukan dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan berpuasa akan mendapatkan pahala yang besar dan keutamaan yang agung. Disinilah letak pentingnya bagi kita untuk membuka tabir rahasia puasa sebagai salah satu bagian terpenting dari ibadah Ramadhan

Puasa laksana perisai yang dapat membentengi diri dari perbuatan keji, makar dan tipu daya setan yang berusaha mengganggu dan menjerumuskan manusia ke dalam lembah kehinaan. Dengan berpuasa dapat memasukkan pelakunya ke dalam surga sekaligus puasa merupakan kaffarah (penebus) segala dosa karena setiap bani adam tidak pernah luput dari dosa dan kesalahan dan salah satu amalan yang dapat menghapus kesalahan adalah puasa. Rasulullah bersabda  “Kesalahan seseorang atas keluarganya, hartanya, dirinya, anaknya da tetangganya dapat dihapus dengan ibadah shaum (puasa), shalat, sedekah dan amar ma’ruf nahi mungkar.”(HR. Muttafaqun Alaihi).

Keutamaan puasa Ramadhan tidak hanya berhenti sampai di situ. Masih banyak sekali keutamaan puasa dan bulan Ramadhan yang tidak dapat kita ulas secara detail di sini. Penasaran??? Ingin tahu bagaimana tuntunan Rasulullah SAW dalam menjalankan ibadah puasa, ingin tahu pula sunnah terkait puasa Ramadhan, dan bagaimana kiat melalui bulan ramadhan dengan sukses?

Bersambung

Kembali ke artikel sebelumnya

PROMO RAMADHAN (New..!!!)

admin posted at 2009-7-15 Category: Ibadah, Info Kajian, Mimbar Ilmu, Ramadhan

One Response Leave a comment

  1. #1marketing @ 2009-7-16 10:24

    ASSALAMUALAIKUM…