RENUNGAN RAMADHAN(3)

Saudaraku muslim, melanjutkan kajian sebelumnya….

Rasulullah SAW merupakan sosok tauladan bagi kaum muslimin sebagaimana dalam firman Allah SWT “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allah”. (QS Al-Ahzab:21).

Pun ketika bulan Ramadhan banyak sekali tuntunan Rasulullah terkait dengan bulan Ramadhan terutama ketika menjalankan ibadah puasa.

Bila esok telah dipastikan sebagai hari pertama maka kita wajib meniatkan  puasa pada malam harinya berdasarkan sabda Rasulullah SAW “Barangsiapa tidak berniat shaum sebelum Fajar maka tidak ada shaum baginya.” Makan sahurpun merupakan syiar ibadah shaum muslimin yang membedakan dengan ahli kitab. Rasulullah SAW berpesan kepada umatnya agar tidak meninggalkan makan sahur karena di dalam sahur banyak sekali keutamaannya.

Dalam Ramadhan terdapat ibadah-ibadah sunnah yang sangat dianjurkan karena sangat bernilai di hadapan Allah SWT adapun ibadah tersebut diantaranya Shalat tarawih (qiyamul lail). Shalat malam adalah ibadah yang senantiasa dikerjakan oleh Rasulullah SAW dan para sahabat beliau. Sehingga Aisyah radhiallahuAnha berkata ”Janganlah tinggalkan shalat malam, sebab Rasulullah tidak pernah meninggalkannya. Kendatipun sakit atau sedang lesu, beliau tetap mengerjakannya dengan duduk.” Rasulullah SAW adalah orang yang sangat dermawan dan kedermawanan beliau semakin bertambah pada bulan Ramadhan. Kebaikan-kebaikan yang beliau lakukan pada bulan itu melebihi angin yang berhembus. Banyak sekali manfaat dan keutamaaan dizikir dan doa, khususnya di bulan ramadhan karena setiap doa kaum muslimin akan dikabulkan Allah SWT dalam bulan Ramadhan, dengan syarat ia harus memenuhi syarat-syarat terkabulnya doa. Perbanyaklah doa dan istighfar khususnya di pada waktu yang mustajab terkabulnya doa.

Ramadhan hanya sebulan dalam setahun pergunakanlah sebaik-baiknya kesempatan emas ini dengan memperbanyak amalan akhirat dan mengisi waktu dengan hal-hal yang positif. Hindarilah perbuatan yang merugikan diri dan manfaatkan waktu sebaik-baiknya agar waktu tidak berlalu sia-sia tanpa memperoleh pahala. Kita juga perlu mengetahui perkara yang dibolehkan dan yang dilarang terkait di bulan Ramadhan agar ibadah puasa di bulan Ramadhan bernilai di sisi Allah SWT.

(Bersambung..)

Ke artikel sebelumnya

PROMO RAMADHAN (New…..)

admin posted at 2009-7-16 Category: Ibadah, Info Kajian, Mimbar Ilmu, Ramadhan

5 Responses Leave a comment

  1. #1Krisna @ 2009-7-17 13:08

    Assalamualaikum….
    Artikelnya bagus sekali…
    Semoga kita dapat sampai di bulan Ramadhan tahun ini….Amin

  2. #2kahfi @ 2009-7-17 13:10

    Mudah-mudahan artikel ini menambah ilmu kita tentang bagaimana memaknai Ramadhan tahun ini dan menghiasinya dengan ibadah dan amal shaleh…

  3. #3marketing @ 2009-7-22 15:00

    artikel yang luar biasa..

  4. #4marketing @ 2009-7-22 15:01

    mudah2an artikel ini bermanfaat untuk semua..

  5. #5firdaus @ 2009-7-22 15:03

    sunnguh mengagumkan..