SHALAT TARAWIH MENURUT TUNTUNAN RASULULLAH SAW (2)

  • Jumlah bilangan rekaat Shalat Tarawih yang dicontohkan Rasulullah SAW

Ada khilaf atau perbedaan diantara pendapat para ulama tentang jumlah rekaat shalat tarawih yang didasarkan pada banyak hadits. Pendapat pertama yaitu pendapat yang menyatakan bahwa jumlah bilangan rekaat shalat tarawih berjumlah 11 rekaat adalah didasarkan pada hadits  yang diriwayatkan oleh Abi Salamah bin Abdir Rahman, bahwasanya ia pernah bertanya kepada Aisyah Radhiallahu ‘anha tentang bagaimana shalat rasulullah SAW ketika bulan Ramadhan? Beliau menjawab “Baik pada bulan Ramadhan maupun pada bulan-bulan yang lain beliau Rasulullah SAW tidak pernah shalat malam melebihi sebelas rekaat.” (HR Imam Al Bukhari).

Pendapat yang kedua adalah pendapat yang menyatakan bahwa jumlah bilangan rekaat shalat tarawih adalah 23 rekaat. Hal ini didasarkan pada  riwayat dari Yazid bin Ruman beliau berkata “Manusia menegakkan (shalat) tarawih di bulan Ramadhan pada masa ‘Umar bin Al-Khattab Radhiyallahu ‘anhu sebanyak 23 rekaat. (HR. Imam Malik). Pendapat yang senada (pelaksanaan shalat tarawih 23 rekaat) dikuatkan berdasarkan hadits yang diriwayatkan dari Abu Syaibah Ibrahim bin Utsman dari Hakam dari Miqsam dari dari Ibnu Abbas Radiyallahu’anhu “Sesungguhnya Nabi shallallahu alaihi wasallam shalat di bulan Ramadhan 20 rakaat dan witir.” (HR. Ath-Thabrani).

Lantas bagimanakah sikap kita dalam menyikapi segala bentuk perbedaan tersebut dan pendapat manakah yang dapat dijadikan hujjah (pedoman) berdasarkan dalil-dalil yang shahih? Salah satu kuncinya dan yang paling selamat adalah dengan mengikuti As-Sunnah Rasulullah SAW

(Bersambung..)
Kembali ke artikel sebelumnya

admin posted at 2009-7-9 Category: Ibadah, Mimbar Ilmu, Ramadhan

One Response Leave a comment